Dari Mana Sumber Penyakit Hasad (Dengki)

🎙️ Imam Ibnul Jauzi rahimahullah (wafat 597 H) berkata :

تأملت التحاسد بين العلماء فرأيت منشأه من حب الدنيا، فإن علماء الآخرة يتوادون ولا يتحاسدون

“Aku pernah memperhatikan sikap saling dengki diantara ulama, maka aku simpulkan sumbernya adalah cinta dunia, karena ulama akhirat itu saling mencintai, tidak saling dengki.”

🩸Subhanallah, sering kali penyakit ini menjadi sumber fitnah di tengah-tengah kaum muslimin yang sebetulnya mereka sendiri yang dirugikan disebabkan ulah sebagian mereka sendiri.

Renungkanlah bagaimana Allah ta’ala mengabarkan beningnya hati-hati para sahabat dan jauhnya mereka dari sifat hasad ini diantara sesama mereka :

وَلا يَجِدُونَ فِي صُدُورِهِمْ حَاجَةً مِمَّا أُوتُوا

Dan mereka (kaum Anshor) tiada menaruh keinginan dalam hati mereka dari apa yang diberikan kepada mereka (kaum Muhajirin)”.

وَالَّذِينَ جَاءُوا مِنْ بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْأِيمَانِ وَلا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا

Dan orang-orang yang datang setelah mereka (Muhajirin dan Anshor) berdo’a: “Ya Rabb kami beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau memberikan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang beriman”. (QS. Al-Hasyr : 9-10)

Dan ini dipraktekkan oleh Imam Ahmad yang selalu mendoakan gurunya yaitu Imam Syafi’i, seraya mengatakan kepada anaknya:

أبوك من الستة الذين أدعو لهم كل ليلة وقت السحر

Ayahmu termasuk salah satu dari enam orang yang selalu aku doakan setiap malam di waktu sahur”.

Maka semakin sering kita mendoakan orang lain akan semakin bersih hati kita dari hasad kepadanya, dan cinta dunia menjadikan hati sarang bagi penyakit dengki ini.

🚫 Tulisan ini bukan untuk menembak individu tertentu, tapi semoga menjadi bahan koreksi bagi hati kita sejauh mana usaha kita agar bisa selamat dari penyakit ini.

🤲🏻 Semoga Allah membersihkan hati penulis dan para pembaca tulisan ini dari penyakit-penyakit yang mengotorinya. Aamiin.

Sumber :
📚 Shaidul Khatir 1/30. Dengan sedikit tambahan.

🖊️ Jamal Bin Masta
🕌 Pon-Pes Daarus Sunnah, Cijoro Rangkasbitung Lebak Banten

NB:
♻️ Silahkan dishare sebanyak-banyaknya, semoga menjadi jariyah.

Baarakallahu fiikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *