Hukum Berkumpul untuk Berta’ziyah dari Ahli Mayyit

Perkataan Beberapa Fuqoha dari 4 Madzhab Tentang Hukum Berkumpul untuk Berta’ziyah dengan Jamuan Makan-Makan dari Ahli Mayyit.

Dari Kalangan Hanafiyyah:

قال ابن عابدين رحمه الله: (وفي الإمداد: وقال كثيرٌ من متأخري أئمتنا: يُكرَه الاجتماع عند صاحب البيت، ويُكرَه له الجلوس في بيته حتى يأتي إليه من يعزي، بل إذا فرغ ورجع الناس من الدفن فليتفرَّقوا ويشتغل الناس بأمورهم، وصاحب البيت بأمره)
وقال: (ويُكرَه اتخاذ الضيافة من الطعام من أهل الميت، لأنه شُرِعَ في السرور لا في الشرور، وهي بدعةٌ مستقبحةٌ!… ويُكرَه اتخاذ الدعوة لقراءة القرآن وجمْع الصلحاء والقُرَّاء للختم!)
“حاشية ابن عابدين” (٣/ ١٤٨-١٤٩)

Berkata Ibnu ‘Abidin rahimahullah: Berkata sebagian besar imam-imam kita yang mutaakhirin: di makruhkan berkumpul disisi keluarga mayit, dan dimakruhkan(dibenci) baginya(keluarga mayit) duduk di rumah sehingga orang-orang datan berta’ziyah kepadanya, akan tetapi ketika manusia sudah selesai dari pemakaman maka hendaklah mereka berpisah, sehingga orang-orang kembali kepada kesibukan mereka masing-masing dan keluarga si mayyitpun kembali kepada urusanya.
Dan beliau berkata juga: dimakruhkan(dibenci) jamuan tamu dengan makanan dari keluarga mayyit, karna jamuan di anjurkan dalam suasana kebahagiaan dan kesenangan bukan disaat berbelasungkawa, dan itu termasuk bid’ah yang buruk dan di makruhkan juga mengundang orang-orang untuk membaca alquran dan mengumpulkan orang-orang soleh untuk mengkhatamkan alquran.
[Hasyiah Ibnu ‘Abidin jilid:3 Hal.148-149].

Dari Kalangan Maalikiyyah

قال في “المدوَّنة”: (اتفق العلماء على أن اجتماع الناس للطعام الذي يصنعه أهل الميت بدعةٌ مكروهةٌ، لأن الموت ليس مما تُنصَب فيه الولائم… وكل ما يُصنَع من الطعام في بيت الميت ويُدعَى له الناس فهو مذموم، سواء في ذلك ما يُعمَل في اليوم الثالث من الوفاة… أو غير ذلك)
“المدونة” (٥٩١/١)

Berkata Al-imam Malik rahimahullah dalam kitab Al-Mudawwanah: Ulama sepakat bahwa berkumpulnya manusia untuk makan-makan yang dibuat oleh keluarga mayyit adalah bid’ah yang dibenci, karna karna musibah kematian tidak pantas diadakan didalamnya walimah(acara makan-makan), dan segala sesuatu yang dibuat dari makanan di rumah keluarga mayyit dan setelah itu orang-orang diundang kesana maka itu termasuk perkara yang buruk/tercela, meskipun itu dilaksanakan di hari yang ke tiga dari hari kematian atau dari waktu yang lainnya.
[Al-Mudawwanah, jilid:1, Hal.591].

Dari Kalangan Syafi’iyyah:

قال النووي رحمه الله: (وأما الجلوس للتعزية فنَصَّ الشافعي والمصنِّف وسائر الأصحاب على كراهته… قالوا: يعني بالجلوس لها: أن يجتمع أهل الميت في بيتٍ فيقصدهم مَن أراد التعزية، قالوا: بل ينبغي أن ينصرفوا في حوائجهم، فمَن صادفهم عزَّاهم، ولا فرق بين الرجال والنساء في كراهة الجلوس لها… قال الشافعي في “الأم”: “و أكره المآتم، وإنْ لم يكن لهم بكاء، فإنَّ ذلك يجدِّد الحزن، ويكلِّف المُؤنة، مع ما مضى فيه من الأثر”)
وقال: (وأما إصلاح أهل الميت طعاماً، وجمْع الناس عليه، فلم يُنقَل فيه شيءٌ، وهو بدعةٌ غير مستحبة!)
“المجموع” (٥/ ٣٠٦-٣٢٠)

Berkata Al-Imam An-Nawawi rahimahullah: adapun duduk untuk berta’ziyah dirumah keluarga mayyit maka al-imam Asy-syafii, penulis dan ulama-ulama syafiiyah yang lain berpendapat bahwa itu adalah perkara yang dibenci … kemudian mereka berkata: yaitu duduk untuk ahli mayyit: yaitu berkumpulnya keluarga mayyit di rumah mayyit dengan tujukan untuk sambutan orang-orang yang berkunjung, kemudian mereka juga berkata: seharusnya mereka berpisah dan kembali ke urusan mereka masing-masing, dan barangsiapa yang melewati rumahnya maka boleh untuk dating berta’ziyah kepada ahli mayyit, dan tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam hukum ini yaitu makruhnya duduk makan-makan di rumah ahli mayyit, berkata Al-imam As-Syafi’i rahimahullah dalam kitab Al-Umm: aku membenci ratapan(duduk makan-makn di rumah ahli mayyit) meskipun tidak disertai dengan tangisan karna sesungguhnya itu akan kembali membuat keluarga mayyit bersedih dan membebani ahlu mayyit dari segi harta.

Kemudian beliau juga berkata: adapun ketika ahli mayyit menyiapkan makanan, dan mengumpulkan manusia didalamnya maka iini tidak ada landasannya dalam syariat, dan termsuk perkara bid’ah dan bukan termasuk perkara yang di anjurkan.
[Al-Majmuu’, Jilid:5 , Hal.306-320].

Dari Kalangan Hanabilah

قال ابن قدامة رحمه الله: (قال أبو الخطاب: يُكرَه الجلوس للتعزية. وقال ابن عقيل: يُكرَه الاجتماع بعد خروج الروح، لأن فيه تهييجاً للحزن… وقال أحمد: فأما صُنع أهل الميت طعاماً للناس فمكروهٌ! لأنَّ فيه زيادةً على مصيبتهم، وشغلاً لهم إلى شغلهم، وتشبُّهاً بصنع أهل الجاهلية)
“المغني” (٣/ ٢١٢-٢١٥)

Berkata Al-imam Ibnu Qudamah rahimahullah: Berkata Abul Khattab rahimahullah: dimakruhkan duduk untuk berta’ziyyah, berkata Ibnu Aqil rahimahullah: dimakruhkan duduk-duduk berkumpul setelah adanya kematian karna itu akan mengingatkan kepada kesediahan….berkata al-imam Ahmad rahimahullah: maka adapun ketika ahlul mayyit membuat makanan bagi orang-orang maka ini hukumnya makruh, karna akan tambah memberatkan ahli mayyit dan menambah musibah bagi mereka, dan menambah kesibukan bagi ahli mayyit dan ini termasuk menyerupai apa-apa yang dilakukan orang-orang jahiliyyah.
[Al-Mughni Jilid:3, Hal: 212-215].

Akhukum: Muhaimin Abu Shofia.

Baarokallahufiikum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *